Jumat, 29 Juni 2012

AWAS! Rasa Kesepian Dapat Mempersingkat Usia

SEBUAH penelitian membuktikan bahwa orang yang memiliki penyakit jantung dan hidup sendirian akan meninggal lebih cepat.

"Orang berpenyakit jantung dan hidup sendirian akan lebih sulit untuk melakukan pengobatan secara reguler, dan menghubungi dokter atau rumah sakit setempat bila terjadi sesuatu dengan mereka," ujar pemimpin penelitian dari Harvard Medical School di Boston," Dr. Deepak Bhatt.

Seperti dikutip dari Reuters, Bhatt mengungkapkan hasil studinya juga terkait dengan masalah isolasi sosial yang ternyata mampu melemahkan sistem imunitas pada orang berpenyakit jantung.

Dalam penelitiannya, Bhatt mengikut sertakan 44.000 orang yang berusia lebih dari 45 tahun, dari seluruh berbagai negara. Bhatt fokus pada orang-orang yang berpenyakit jantung atau yang memiliki risiko tinggi akan penyakit ini.

Hasil penelitian menunjukan, 7,7 persen responden yang berusia kurang dari 65 tahun dan tinggal sendirian akhirnya meninggal dunia. Sementara 5,7 persen yang tidak tinggal sendirian masih dapat hidup dengan cukup baik.

Hasil penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang tua yang hidup sendirian akan mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan akhirnya meninggal lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak hidup sendirian. (Ant/Yan)

Sumber : Kedaulatan Rakyat (KR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar