Senin, 27 April 2015

Tips Eratkan Hubungan Keluarga di Akhir Pekan

ANDA wajib mengisi akhir pekan dengan kegiatan berkesan bersama keluarga setelah lima hari sibuk bekerja. Lantas, hal menarik apa yang biasa Anda lakukan untuk menjalin kedekatan dalam keluarga?
Sesungguhnya, Anda tidak perlu melakukan banyak hal rumit dan berlebihan untuk meningkatkan kualitas hubungan keluarga. Beberapa kegiatan sederhana justru lebih ampun dalam mempererat hubungan antara Anda dengan anak.

Berikut beberapa cara sederhana guna menjalin kedekatan dalam keluarga di akhir pekan, seperti dilansir Sheknows.

Mengawali hari dengan sarapan bersama

Hari libur akan jadi berkesan bila Anda memasak makanan kesukaan anak untuk sarapan. Sebelum memasak, Anda perlu bertanya kepada anak mengenai menu makanan apa yang ingin mereka santap di pagi hari. Anda tidak perlu menyediakan makanan yang terlalu mewah, namun cobalah memasak menu makanan sederhana yang mampu membahagiakan anak.

Ajak anak terbilat dalam kegiatan memasak

Bila anak masih kecil, Anda dapat mengajaknya terlibat dalam kegiatan memasak dengan memberinya tugas sederhana, seperti memintanya mengambilkan sendok, garpu, bahan makanan, atau hal lain yang dibutuhkan untuk memasak.

Bercerita tentang sebuah kisah dari novel atau yang lain

Storytime adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas hubungan antara orangtua dengan anak. Seusai makan atau di waktu senggang, Anda perlu mengumpulkan seluruh anggota keluarga kemudian mengajak mereka membaca sebuah kisah, baik itu fabel, mitos, dongeng, atau yang lainnya dari sebuah buku. Anda bisa menyuruh anak membaca kisah tersebut secara bergantian, kemudian biarkan mereka memilih dan berperan sesuai dengan tokoh yang disukai.

Jalan-jalan

Anda perlu mengajak anak jalan-jalan. Jalan-jalan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan anak, mengajak anak terbuka, dan lebih mengenal kepribadian anak. Sebab, anak-anak dapat secara spontan mengungkapkan apa yang mereka rasakan saat berjalan-jalan.

Menelepon atau mengirim pesan singkat/ e-mail

Bila hari libur Anda tetap dipenuhi dengan segudang tugas kantor, Anda perlu menghubungi anak di sela-sela kesibukan pekerjaan. Hal ini dapat Anda tempuh melalui beberapa cara, seperti menelepon atau mengirim pesan. Saat menelepon atau mengirim pesan, Anda perlu mengatakan mengenai betapa berartinya mereka di dalam hidup Anda.

Membuat kerajinan tangan

Anda bisa mengisi liburan dengan membuat sebuah kerajinan tangan bersama anak, seperti bingkai foto, lukisan, atau yang lainnya. Kegiatan ini dapat mempererat hubungan Anda dengan anak, serta turut meningkatkan kreativitasnya. (Okz/Git)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar