Senin, 27 April 2015

Panduan Memilih Jurusan

Thanks before buat adekku yang lagi kebingungan nentuin dia mo kuliah dimana. Jangan keburu-buru dek, masih ada waktu buat mikirin apa yang sebenernya km pengin.

Oke langsung aja. Jurusan itu banyak banget macemnya. Ada yang tentang ilmu eksak, ilmu sosial, seni budaya, kedokteran, etc. Emang gak gampang buat nentuinnya. Mungkin buat calon mahasiswa yang berasal dari kalangan elit, hal itu gak terlalu jadi beban. Kalo dirasa jurusan yang dijalani kurang srek, tinggal ikut ujian lagi tahun berikutnya, gak perlu mikirin biaya yang udah terlanjur kebuang sia-sia. Tapi beda buat calon mahasiswa dari kalangan pas-pasan. Ibaratnya kayak nikah. Kalo bisa sekali untuk selamanya gak perlu pindah-pindah jurusan.



Tips dari aku, cukup sederhana aja:
1. Temukan dulu kira-kira kerjaan apa yang menurut kamu menyenangkan buat dijalani besok? Jangan mikirin duit/gaji yang bakal kamu dapetin dulu, cukup yang menurut kamu bisa kamu nikmati aja.
2. Cari informasi tentang jurusan yang berhubungan dengan apa yang kira-kira berhubungan sama pekerjaan yang kira-kira menyenangkan buat kamu besok.
3. Cari informasi kampus yang menyelenggarakan jurusan yang berhubungan dengan kesenangan kamu. Penting juga buat tahu akreditasi dari kampus itu.
4. Introspeksi kemampuan diri. Kira-kira kemampuan otak kamu bisa gak buat ketrima di jurusan di kampus yang kamu incer. Buat pertimbangannya, kamu bisa bandingin kemampuan kamu selama sekolah sama passing grade jurusan di kampus tertentu, juga dengan animo calon mahasiswa laen.
5. Trus kalo kamu udah milih salah satu/ salah dua jurusan, banyakin doa sama belajar.

Jangan lupa: Sebenarnya semua pekerjaan itu bisa membuat kita sukses, asalkan kita yakin dan bersungguh-sungguh dalam bidang usaha kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar