Jumat, 01 Juni 2012

Tulis Menulis

SEO
Hai sob, pada bagian ini saya mau bahas masalah soal tulis menulis. Kita tahu bahwa ada orang yang memang suka menulis dengan banyak inspirasi kata-kata yang selalu melayang-layang diatas kepalanya. mudah sekali orang tersebut untuk menulis. Entah menulis status di facebook, short messages send (sms), diary, berita (journalism), puisi, lirik lagu, cerpen, komik bahkan novel yang sampai best seller.
Kita tak tahu bagaimana mereka dapat inspirasi segitu gampangnya. Namun bagi mereka yang ingin menulis tapi tak pernah bisa mendapatkan inspirasi yang datang secara gampang seperti air yang mengalir deras, dan di otaknya muncul pertanyaan-pertanyaan, "bagaimana agar aku bisa mendapatkan inspirasi itu?" .
Mungkin bagi mereka yang udah terbiasa dengan menulis dan ide-ide yang mengalir deras itu sudah terlatih. Itu karena merekalah yang mengendalikan mood mereka untuk menulis ,bukan mood yang mengendalikan mereka. Jadi jangan sampai mood yang mengendalikan kita.

Sebenarnya kita cukup mudah untuk menulis. Katakan saja, menulis adalah sebagian dari hidup kita. kita dapat menemukan inspirasi itu dari pekerjaan sehari-hari, atau yang pernah kita alami sewaktu-waktu. atau jika pernah bermimpi, kita cuman bangun terus kita bayangkan mimpi tadi waktu kita tidur kita rangkai sedemikian cantiknya hingga membuat cerita yang menurut kamu apik. Jangan lupa, kita juga harus menempatkan diri kita dan dimana kita bisa tempat yang nyaman untuk menulis dengan santai. Tentunya agar inspirasi yang kita dapatkan tak mudah luntur begitu saja. Terus bagaimana dengan hasil tulisan kita, apakah bagus atau tidak? jangan kamu tanya masalah seperti ini. Anda hanya perlu bertanya kepada teman dekat kamu atau sodara kamu yang dekat. jika hasil yang mereka bicarakan tentang tulisanmu itu cukup menyayat hati kamu. tapi dengan itu kamu jangan mudah menyerah begitu saja. Itu kritikan yang bisa membangun kamu untuk bisa berkarya lebih bagus lagi. Banyak kritikan atau saran itu akan lebih baik dari pada tulisan kamu hanya kamu museumkan di laci lemari kamu.
Terus menulis hingga kamu bener-bener bisa dikatakan suka menulis. Cobalah untuk sesekali mempublishkan tulisan kamu. Bisa lewat buletin sekolahan kamu, media massa (jika tulisanmu berhasil dimuat akan mendapatkan reward dari media massa tersebut tentunya) , atau yang sekarang lebih mudah yaitu lewat blog.
Kamu sudah ngerti kan caranya nulis. dan ternyata mendapat Inspirasi itu mudah! Jika kamu rasa tulisanmu itu sudah bagus coba untuk membukukannya, kamu buat draft tulisan kamu dan coba sekali-sekali untuk datang ke penerbit terdekat. Nah...cukup segitu saja sob, gue udah ngantuk soalnya belum tidur dari tadi!! Oke, semoga bermanfaat. See you.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar